(Tutorial) Cara Porting ROM ANDROID

Bahan yang dibutuhkan adalah:

1. Winrar.
2. Notepad.
3. Base ROM, adalah ROM yang pernah anda instal pada device anda dan 100% work.
4. Port ROM, adalah ROM yang akan anda porting untuk menjadi ROM device anda.

Syarat-syarat Port ROM:

1. Diperuntuk kan pada device yang memiliki resolusi yang sama dengan device anda (recommend ed). Karna jika beda resolusi, harus di cek satu persatu file apk nya apakah memiliki folder drawable yang sama dengan resolusi anda).
2. Memiliki versi yang sama (froyo for froyo, ginger for ginger, ICS for ICS)

Langkah-la ngkah:

1. Ekstrak Base ROM anda ke dalam satu folder.
2. Buka Port ROM menggunaka n Winrar (tidak perlu diekstrak) .
3. Buka folder system di Base ROM, lalu hapus folderapp, fonts, framework danmedia.
4. Buka folder system di Port ROM, lalu blok folderapp, fonts, framework danmedia kemudian klik geret (copy paste) ke folder system di Base ROM
5. Buka folderpermission di dalam folderetc pada kedua ROM, lalu copy semua file di dalam folder permission dari Port ROM ke Base ROM, kecualiplatform dan handheld_h ardware. Jika ada file yang sama maka replace saja.
6. Buka folderinit.d didalam folder system/ etc Base ROM, hapus seluruh file di dalamnya kecuali banner, lalu copy semua file di dalam folderinit.d dari Port ROM ke Base ROM.
7. Buka filebuild.prop di Base ROM dengan Notepad, lalu ubah value pada:

a. ro.build.id=
b. ro.build.display.id=
c. ro.build.d ate=
d. ro.modversion-

sesuka anda. Tapi ingat, saat mengubahnya agar jangan mengganggu atau menghapus spasi disebelahnya.
8. Lalu edit value pada build.prop Base ROM sama dengan value pada build.prop Port ROM (buka juga build.prop pada Port ROM dengan Notepad) pada:

a. ro.config. ringtone=
b. ro.config .notification_sound=
c. ro.config. alarm_alert=

9. Anda juga bisa mengcopy value- valu e ekstra (tweaks) pada build.prop Port ROM (biasanya setelah tulisan ADDITIONAL BUILDPRO PERTIES.
10. Buka fileupdater-sc ript di dalam folder META-INF/ com/ google/ android pada kedua ROM, lalu hapus semua string yang bertuliska nset_perm pada file updater-sc ript dari Base ROM. Kemudian copy semua string yang bertuliskan set_perm pada file updater-sc ript dari Port ROM dan paste ditempat yang sama pada stringset_perm yang telah dihapus pada updater-script Base ROM.
11. Jika ada file atau folder di dalam folder system pada Port ROM yang tidak ada di dalam folder system pada Base ROM maka harus di copy juga.
12. Setelah semua selesai, block semua file dan folder dalam Base ROM (META-INF, system, dll) klik kanan, add to archive. Kemudian pada pilihan archive format pilih ZIP, beri nama pada kolom archive name, klik OK dan selesai.
13. Jika setelah menginstal device anda mengalami bootloop, buka foldersystem/lib pada Port ROM dan copy file-file berikut ini pada Base ROM lalu ZIP ulang:

a. libandroid_runtime.so
b. libandroid_servers.so
c. libmedia_jni.so

14. setelah menjalani masa testing dan lulus, anda dapat menshare ROM portingan anda kepada publik, tapi jangan lupa untuk memberi segelas cendol kepada sang developer ROM yang anda jadikan Port ROM.
15. Jika anda merasa mendapat pengetahua n baru dengan membaca tulisan ini, anda pun boleh memberi saya dua gelas cendol, hehehee... .
16. Terakhir.. ..HAPPY HUNTING PORT ROM.....

Comments